Puskesmas Siko Buang Sampah Medis di Lingkungan Warga

oleh -202 Dilihat
oleh
Sampah medis yang berhamburan

TERNATE, #- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Siko, Kecamatan Ternate Utara, membuang sampah medis di sembarangan tempat.

Pantauan tagarmu.com di lapangan, sampah medis tersebut berupa botol berisi cairan KB yang sudah kedaluwarsa yang dirkemas dalam dos berhamburan di bawah pohon.

Warga sekitarnya mengatakan, seharusnya sampah medis ini di buang pada tempatnya, karena ditakutkan jangan sampai ada anak-anak menyalahgunakan obat kedaluwarsa tersebut sehingga berdampak pada kesehatan.

“Seharusnya pihak Puskesmas Siko yang buat acara peresmian gedung baru, tapi jangan buang sampah medis di sembarang tempat, karena di sini banyak anak-anak tidak tahu,” kata warga setempat.

Sementara kepala Puskesmas Siko, dr Masita saat dikonfirmmasi mengaku, dirinya baru mengetahui jika ada sampah medis yang sengaja dibuang di depan Puskesmas.

Menurutnya, obat-obatan berupa kemasan botol berisikan cairan suntik KB sudah kedaluwarsa hingga dibuang, namun pihaknya juga belum mengetahui secara pasti yang melakukan perbutan itu.

“Saya belum tahu siapa yang buang, karena kemarin itu kami membersihkan Puskesmas ini banyak orang yang bantu, termasuk masyarakat lingkungan sini untuk persiapan acara peresmian gedung baru,” ujarnya.

Kata Masita, biasanya petugas membuang sampah medis itu pada tempatnya, namun ini merupakan kejadian pertama kalinya yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ini memang kesalahan Puskesmas. Tapi saya juga sudah perintahkan staf agar segera pindahkan sampah medis tersebut pada tempatnya,” akunya.

Masita mengaku, sampah medis tersebut biasa diangkut seminggu dua kali oleh petugas kesehatan.

Sementara Kepala Dinas kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy saat di konfirmasi, dirinya juga merasa kaget karena melihat langsung sampah yang berhamburan tersebut.

“Tunggu saya cari kepala puskesmas dulu, karena ini sampah medis ada tempat khusus untuk di buang bukan di sembarang tempat,” singkatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.