Pemkot Ternate Sosialisasi Perda RPJMD Tahun 2021-2026

oleh -252 Dilihat
oleh

TERNATE,#- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Bappelitbangda melakukan sosialisasi dan evaluasi peraturan daerah nomor 4 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ternate 2021-2026. Selasa )20/9/2022).

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutanya mengatakan, penyusunan perencanaan pembangunan daerah harus memperhatikan kewenangan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah karena pemerintah daerah harus mendukung prioritas pembangunan nasional.

“Tata cara pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang dilakukan telah berpedoman pada Permendagri 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan rencana kerja pemerintah daerah, bahwa pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan,” jelas wali kota, Selasa (20/9/2022).

Dikatakan, pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi dokumen perencanaan memiliki makna strategis menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sudah di legitimasi dalam Pasal 16 Ayat (2) PP nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan dan tata cara penyusunan, pengendalian serta evaluasi.

Olehnya itu, pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi RPJMD Kota Ternate merupakan langkah strategis serta rangkaian terencana dalam pelaksanaan tiga aspek penting dalam manajemen pembangunan daerah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, yang saling memiliki keterkatian satu sama lainya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi ini, dirinya berharap dokumen perencanaan dapat tersosialisasi dengan baik dan dapat meningkatkan kapasitas peserta dalam pemahaman dokumen perencanaan daerah dan sekaligus menjadi catatan penting untuk mengukur sejauh mana keberhasilan implementasi program/ kegiatan OPD di setiap tahunnya.

Wai Kota menambahkan, kebijakan-kebijakan yang telah dirumuskan tersebut merupakan saripati dari sejumlah aspirasi dan isu-isu aktual yang saya dapatkan saat masa kampanye politik.

“Esensi dari semua kebijakan program yang termaktub dalam RPJMD Kota Ternate, adalah implementasi visi dan misi Ternate Andalan, yaitu mewujudkan Ternate yang mandiri dan berkeadilan, karena arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPJMD Kota Ternate 2021-2026, telah menggambarkan bahwa 14 program prioritas pembangunan Kota Ternate,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.