Harita Nickel Latih OKP Cipayung, LSM, Pagyuban dan Ormas se Halsel Racik Kopi

oleh -524 Dilihat
oleh

HALSEL # –Perusahaan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel, menggandeng Organisasi Kepemudaan (OKP), LSM dan Pagyuban se Halmahera Selatan (Halsel) melaksanakan pelatihan meracik kopi, Sabtu (28/10/23) kemarin.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95. Para ketua dan anggota-anggota OKP juga diberikan pelatihan meracik kopi dengan alat sederhana oleh barista yang dihadirkan langsung oleh Harita Nickel dari Jakarta.

Pelatihan barista ini juga turut dihadirkan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman meracik kopi yang baik dan memiliki cita rasa yang enak untuk dikonsumsi maupun dikembangkan sebagai usaha.

“Untuk rekan-rekan OKP atau organisasi masyarakat yang berminat dan ingin tahu lebih jauh tentang meracik kopi, kita akan buka pelatihan selama tiga hari secara cuma-cuma, tanpa biaya,” ungkap, Supervisor NGR Kantor Perwakilan Labuha Harita Nickel, Zulkifli Sangaji.

Kata dia, selain kegiatan bersih-bersih pantai, Harita juga melakukan pelatihan kopi bagi para OKP Cipayung, LSM, Pagyuban dan Ormas agar bisa membuat kegiatan bermanfaat setelah dari pelatihan. “Ini juga cara kita untuk melakukan pemberdayaan kepada organisasi kepemudaan,”katanya.

Sementara itu, kegiatanbersih-bersih pantai di Desa Tembal ini digagas oleh Departemen Non-Government Organizations Relations (NGR) Harita Nickel dengan mengusung tema, Tabur Baik, yang membawa makna untuk meninggalkan jejak kebaikan di setiap jengkal tanah yang dipijak. Dalam kegiatan kali ini, Departemen NGR Harita Nickel turut melibatkan 106 peserta yang terdiri dari ketua dan anggota dari berbagai NGO atau LSM di Kabupaten Halmahera Selatan, seperti Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan para siswa Alhairat Labuha.

“Hari ini kita membersihkan sampah di lokasi UMKM Milenial dan juga bibir pantai tepat dibelakang lokasi UMKM Milenial tersebut. Yang menjadi pertimbangan utama kami dalam pemilihan lokasi ini karena UMKM Milenial merupakan tempat wisata kuliner bagi masyarakat lokal Halmahera Selatan mau pun dari luar Halmahera selatan, sehingga perlu kita jaga kebersihannya. Di kesempatan ini, kami juga turut mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan demi terciptanya kenyamanan lingkungan yang baik,” ungkap Zulkifli.

Tempat yang sama, sekertaris MPC Pemuda Pancasila Imran H. Alim,menyampaikan apresiasinya dan dukungannya atas aksi bersih-bersih pantai Tabur Baik yang digagas oleh Harita Nickel. “Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama di wilayah pesisir pantai yg sarat dengan sampah anorganik. Terima Kasih kepada Harita Nickel atas inisiatifnya, kami akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Halsel,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Selatan, Samsul Abubakar, yang juga hadir di aksi bersih-bersih pantai ini, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Harita Nickel.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positif, tentunya kami dari Pemerintah Kabupaten, berterima kasih kepada Harita Nickel karena sudah ikut menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar masyarakat. Kolaborasi ini harus terus kita jaga dan tingkatkan, dan dapat melibatkan lebih banyak elemen masyarakat,” ungkap Kadis DLH Kabupaten Halmahera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.