Ecobhinneka Muhammadiyah Laksanakan  Seminar dan Kampanye Asksi Lintas Iman Season II

oleh -31 Dilihat
oleh
Suasana kegiatan Ecobhinneka Muhammadiyah
Suasana kegiatan Ecobhinneka Muhammadiyah

TERNATE#-Ecobhinneka Muhammadiyah Maluku Utara, mengadakan Seminar dan Kampanye Asksi Lintas Iman Season II, dengan tema “Peran sains dan teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan sampah plastik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kehutan Provinsi Maluku Utara, Bappeda Kota Ternate, Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Tokoh agama Lintas Iman dan Pemuda dan Perempuan Lintas iman serta Komunitas-Komunitas yang bergerak dalam bidang Kelestarian lingkungan.

Manager Ecobhinneka Muhammadiyah Maluku Utara, Usman Mansur kepada Tagarmu.com, Kamis (11/07/2024) mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa toleransi dan mendukung aksi lintas iman di Internal dan Eksternal Organisasi masing-masing serta menjadi rumusan rekomendasi kepada pemerintah Kota Ternate dalam pengelolaan dan penanganan sampah.

“Jadi kita berkolaborasi membicarakan masalah lingkungan, terutama berkaitan sampah apalagi Ternate sampah transit begitu banyak,”katanya

Lanjut dia, seperti diketahui bersama lingkungan merupakan faktor utama dalam keberlangsungan hidup manusia, pengelolaan lingkungan yang tepat akan mampu memberikan manfaat bagi hidup itu sendiri.

Ia menjelaskan, berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate tahun 2023, volume sampah di tahun 2023 mengalami peningkatan dari 180 ton perhari menjadi 200 ton perhari. DLH Kota Ternate saat ini hanya fokus melakukan pengangkutan dan pemilahan sampah yang hanya berputar pada trans depo dan berakhir pada tempat pembuangan akhir.

Menurutnya, Ternate sebagai kota berkembang yang selalu melakukan pembenahan dalam melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Pembangunan yang dilakukan oleh Kota Ternate tentu tidak terlepas dari pengelolaan lingkungan hidup yang khususnya permasalahan sampah, yang mana jika dikelola secara benar dan tepat akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta terjaminnya kelestarian lingkungan hidup.

“Alam menghadapi kemajuan sains dan teknologi Eco-Bhinneka Muhammadiyah turut serta dalam mengikuti perkembangan kemajuannya, maka peningkatan dan penggunaan teknologi yang sangat pesat perlu untuk digunakan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia,”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.